Mengenal istilah-istilah Teknis dalam ternak sapi

 Mengenal istilah-istilah Teknis dalam ternak sapi

Mengenal istilah-istilah teknis dalam ternak sapi. Sumber: shutterstock/Foto 4440

Beternak sapi merupakan kegiatan yang cukup rumit dalam segi akademis. Sehingga dalam mempelajarinya ternak sapi memiliki banyak sekali istilah bolo. Namun disini saya akan coba berikan istilah-istilah Teknis tersebut dengan bahasa yang sederhana bolo.

Berikut 10 istilah teknis sapi yang bisa kamu pahami bolo.

1. ADG average daily Gain. Atau istilah sederhananya berati pertambahan bobot harian sapi bolo. Biasanya ini dapat ditemukan di kandungan konsentrat bolo.

2. TDN. Total digestible nutrient. Atau istilah sederhananya adalah penyerapan bahan pakan oleh ternak sapimu bolo.

3. BW. Body weight adalah istilah lain dari berat badan sapi bolo. Misal BW 250 kg yang artinya berat sapi 2,5 kwintal bolo.

4. Crossbred. Adalah bahasa lain dari sapi Silangan bolo. Misal sapi croolssbred simental artinya sapi tersebut turunan jenis sapi simental bolo.

5. Ketosis. Adalah proses penggunaan kandungan lemak sapi saat kebutuhan karbohidrat terbatas. Istilah ini dipakai untuk gangguan sapi ya bolo.

6. Acidosis. Adalah gangguan pada PH rumen sapi bolo. Normal nya pH rumen sapi di angka 6-7 bolo, namun sapi yang mengalami acidosis pH rumen dibawah 6 bolo.

7. Heatstress. Adalah gangguan stress pada sapi akibat suhu lingkungan yang ektrem bolo.

8. Grass tetanus. Adalah istilah lain dari sapi ambruk bolo. Ini disebabkan karena kadar magnesium turun secara tiba-tiba.

9. Bloat. Adalah istilah lain dari sapi kembung bolo. Ini terjadi karena ketidak-mampuan sapi menghilangkan gas yang dihasilkan oleh rumen.

10. Foto rot. Adalah istilah lain dari sapi pincang bolo. Ini disebabkan karena sapi kekurangan kalsium dll bolo.

Adakah istilah lain dari bahasa teknis sapi yang mungkin kamu ketahui bolo. Share di kolom komentar ya bolo...kita belajar bersama bolo....

Salam ternak, semangat bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi