Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Konsep comboran 75% dan 25% hijauan. Sumber: Instagram/nelorerg

Memahami ilmu pemberian pakan sapi, menjadi sebuah kewajiban jika kamu ingin memaksimalkan hasil ternak sapimu bolo. Dengan memperhatikan bahan pakan sapi yang baik, hal ini dapat menambah pengetahuan serta pengalaman mu dalam mengelola pakan sapi bolo.

Konsep pemberian comboran sapi sebanyak 75% dan pemberian hijauan sebanyak 25% apakah worth it. Kita akan bahas perbandingan dari keduanya, berikut penjelasanya bolo:

1. Bahan comboran. Jika bahan comboranmu berupa kombinasi pakan berprotein tinggi seperti konsentrat, dicampur onggok ketela, atau ampas tahu yang disajikan dengan adonan air. Maka kelebihanya ini cukup bagus ya bolo dalam hal sapi cepat kenyang, dan pertambahan berat badan yang cukup cepat ya bolo. Namun kekurangannya karkas sapi kurang bagus bolo, lalu sapi cepat lapar kembali, dan menyebabkan sapi kelebihan lemak yang tentu ini kurang disukai jagal sapi ya bolo.

2. Bahan hijauan. Bahan ini terbuat dari hijauan seperti rumput kolonjono, rumput pakchong, dan odot bolo. Tentu masih ada hijauan jenis lain yang sangat buanyak jenisnya ya bolo. Peran hijuan ini adalah sebagai serat bolo. Sehingga akan dapat meningkatkan kemaksimalan pemberian comboranmu setiap hari ya bolo. Kelebihanya bahan hijauan ini terbilang cukup murah bolo, bahkan tanpa beli jika kamu punya lahan sendiri pun bisa kamu dapetin dengan mudah ya bolo. Lalu kekurangan nya adalah jika terlalu banyak hijuan akan berdampak pada kurang maksimal nya terserap ke dalam tubuh ya bolo

Kesimpulannya, ini dia perbandingan pemberian comboran 75% dan pemberian hijuan 25% pada sapimj bolo.

1. Bahan comboran. Merupakan satu kunci penentu performa produksi dan susu sapimu ya bolo.

2. Bahan hijuan. Usahakan bahan hijaun masih segar ya bolo, jangan lupa di kurangkan dulu kadar airnya agar proses pemberian ke sapi jadi lebih aman ya bolo

 Bagaimana pendapat mu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak....semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi