Teory memilih sapi bagus dari kakinya

 Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Teory memilih sapi bagus bisa dilihat dari kakinya yang kokoh. Sumber: Instagram/ganaderamoreno


Memang, teory ini jarang dibahas secara khusus dalam sebuah video bolo. Meski begitu perlu untuk kamu ketahui bolo, teory sederhana ini memiliki manfaat untuk menunjang prospek beternakmu kedepan.

Teory memilih sapi bagus dari kakinya, merupakan sebuah pesan dari seorang mentor saya. Kedengaran tidak berbobot memang namun saat saya sendiri mencoba mempraktekkan teory ini mendapatkan hasil yang cukup bagus, dalam hal ini adalah prospek penggemukan sapi bolo.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan sapi berdasarkan kakinya. Berikut penjelasanya bolo:

1. Kuku sapi rapat. Rapat dalam artian tidak bergandengan satu sama lain ya bolo. Memilih kaki sapi sebaiknya perhatikan juga kuku sapinya bolo. Kuku kaki sapi yang baik adalah kuku yang yang rapat, jarak antara kuku tidak renggang. Pun jarak kuku kaki sapi hindari yang terlalu rapat ya bolo. Karena jika memilih kuku sapi yang terlalu rapat potensi bertahan sapi dalam menopang badan tidak bisa bertahan lama bolo. Dalam hal ini jarak maksimal yang bisa di capai kurang lebih 1-2 bulan saja bolo. Tentu faktor penentu utamanya adalah kuku sapi yang tidak rapat ya bolo.

2. Kaki sapi jalmo. Merupakan sebuah istilah untuk kasus sapi yang mengalami asidosis bolo. Ini merupakan tingkat lebih lanjut karena sapi mengalami cacat pada pergelangan kakinya bolo. Penyebabnya beragam mulai dari pakan yang salah, infeksi, bakteri bahkan hingga kesalahan teknis bolo. Untuk menghindari ketidakpuasan hasil beternak sapi jangka panjang, yang dari sebagian kasus yang pernah saya temui di lapangan. Menunjukkan bahwa sapi dengan tipikal kaki jalmo tidak menghasilkan pertambahan bobot yang baik bolo. Sehingga sebaiknya kamu yang menemui kondisi sapi yang demikian, sebaiknya jangan di pilih ya bolo.

3. Kaki pincang. Ini adalah pilihan yang mungkin kamu sudah tau dari kondisi fisiknya ya bolo. Kaki sapi pincang dapat mrmpengaruhi pertumbuhan sapimu bolo, baik dalam memproduksi susu maupun dalam pertambahan bobot harian ya bolo. Kondisi sapi pincang tidak melulu ditemukan di sapi dewasa ya bolo, namun mulai sapi pedet, sapi jemoko, sapi dara, sapi bakalan dan sapi dewasa pun dapat mengalami hal demikian bolo. Solusi aman nya, jika kamu menemukan kondisi sapi seperti ini, sebaiknya tidak dipilih ya bolo. Ingat, kekuatan utama badan sapi salah satunya ada di kaki ya bolo.

Kesimpulanya, ini dia teory memilih sapi bagus dari kakinya bolo:

1. Pilih kaki sapi yang kukunya rapat.

2. Hindari kaki sapi yang jalmo

3. Hindari kaki sapi yang pincang

Bagaimana pendapa mu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo...

Sekian....salam ternak....semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi