Benarkah sapi type hewan yang suka ketenangan

 Benarkah sapi type hewan yang suka ketenangan

Sapi termasuk hewan yang suka ketenangan. Sumber: Instagram/@lancerural, @grupo_pitangueira

Sapi merupakan hewan yang punya banyak hal yang harus kamu pahami bolo. Dari hal yang sangat sederhana hingga hal yang membuat sapi merasa stress bahkan terancam pun kamu harus tau bolo.

Alasannya tidak lain adalah membuat sapi nyaman di kandang, bisa berproduksi daging dan susu dengan baik. Sehingga berimbas balik ke perkembangan dan kemajuan usaha ternak sapimu bolo.

Benarkah sapi merupakan type hewan yang suka ketenangan. Dalam sebuah jurnal peternakan yang diterbitkan IPB disebutkan bahwa tingkat produktivitas sapi baik perah maupun pedaging akan menurun jika diternak di daerah dataran tinggi yang notabene sangat tenang dalam hal lingkungan namun sedikit susah untuk mendapatkan sumber pakan.

Berbanding dengan sapi yang diternakkan di dataran rendah yang cukup ramai penduduk jauh lebih tinggi dalam hal produktivitas baik dalam susu maupun sapi pedaging bolo.

Hal ini menunjukkan bahwa tingkat tenangnya sapi ditentukan oleh sumber pakan yang cukup, dan perawatan serta kesehatan yang baik bolo.

Artinya sapi memang butuh tempat tenang, namun ketenangannya berada di seputar lingkungan yang tidak begitu padat penduduk bolo. Misal di desa, di pinggiran kota dan di lereng gunung bolo.

Bagaimana menurutmu bolo, share pengalaman mu dikolom komentar ya bolo…ternak sapimu ada di lingkungan tenang atau ramai bolo…

Sekian….salam ternak…. Semangat bolo….


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi