3 Sumber Bahan Pakan Untuk Peternakan Sapi

Beternak sapi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang secara tidak langsung. Kendati tidak semua peternak sapi memiliki prinsip semacam ini.

Namun perlu dicermati beternak sapi memiliki resiko kerugian yang besar bila tak di imbangin dengan pengetahuan yang cukup.

Salah satu faktor terpenting dalam beternak sapi adalah pakan. Lebih dari 70% biaya ternak sapi bertumpu pada pakan bolo.

Berikut 3 sumber bahan pakan untuk penggemukan sapi bolo.

1. Rumput kolonjono. Sudah tidak asing bagi peternak sapi Indonesia. Karena rumput kolonjono ini mudah di temui dan juga mudah untuk dibudidayakan bolo. Meski terbilang cukup banyak di Indonesia. Jarang yang menerapkan sistem kelola hasil rumput kolonjono. Sehingga apabila terus diberikan ke sapi dengan bentuk rumput kolonjono pada umumnya, maka sapi bisa cepat bosan bolo. Solusinya adalah dengan mengolah rumput menjadi pakan jadi bolo, seperti silase, Hay dan fermentasi bolo.


Gambar : Rumput kolonjono 
Sumber: Shutter Stock Ika Hilal 1682616682

2. Onggok/limbah ketela. Meski terdengar remeh, namun ini merupakan pakan yang sangat efektif membuat sapi kenyang dalam waktu yang lama bolo. Dengan harga yang murah rasanya tidak susah untuk mendapatkan jenis pakan ini bolo.

Gambar : ilustrasi onggok limbah ketela 


3. Kulit kedelai. Jarang yang pakai jenis pakan ini bolo. Namun jika kamu penasaran dan ingin mencoba gunain jenis pakan ini. Maka kamu bisa ke pabrik atau industri rumahan tempe bolo. Beli ke mereka limbah tempe nya. Dan buktikan dengan dikombinasikan dengan konsentrat sapimu bisa gemuk dengan biaya yang cukup murah bolo.

Ilustrasi gambar: kedelai


Kesimpulannya ini dia 3 jenis bahan pakan, alternatif yang bisa kamu coba bolo.

1. Rumput kolonjono. Dengan cara di jadikan fermentasi dan silase .

2. Onggok/limbah ketela. Di campur dengan konsentrat atau polard.

3. Kulit kedelai. Dicampur dengan konsentrat.

Sekian...salam ternak... semangat bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi