Apakah sapi dipakan rumput saja bisa gemuk

 Apakah sapi dipakan rumput saja bisa gemuk

Pakan sapi, merupakan sumber kebutuhan harian sapi yang harus peternak penguji.

Pakan sapi memiliki andil yang cukup besar selain komponen lain yang harus peternak sediakan, seperti fasilitas kandang, fasilitas kesehatan dan fasilitas bakalan.

Bisakah Pakan sapi berupa hijauan digunakan untuk penggemukan ?. Jawabannya bisa bolo. Namun harus di selingi dengan jenis bahan lain, seperti konsentrat, komplit feed dll.

© shutterstock/amfroey

Dalam menggemukan sapi, kebutuhan sapi meliputi protein kasar, lemak kasar, serat kasar, serat kasar dan tdn bolo. Semua kebutuhan ini di dominan dapat diperoleh dari konsentrat bolo.

Anjuran protein dasar untuk sapi potong minimal di angka 14 bolo, lebih tinggi jumlah protein yang diberikan harus di padukan dengan tdn ya bolo. Artinya saat protein lebih tinggi dan tdn rendah itu akan membuat sapi kurang efektif dalam pemberian pakan penggemukan bolo.

Sehingga yang bisa di terapkan adalah protein sapi harus standard penggemukan sapi yaitu di angka 14 ke atas. Sedang tdn juga mengikuti standar sapi bolo minimal di prosentase 60% ke atas.

Gambar: sumber protein sapi. © shutterstock/Wirestock Creators

Peran hijauan sebagai pakan sapi adalah sebagai serat bolo. Sehingga tidak bisa dipisahkan dengan bahan lain yang tak kalah penting yaitu protein bolo. 

So bolo, berikan keseimbangan antara hijauan dan protein ya untuk sapimu di rumah. 

Oke bolo...sekian...salam ternak... semangat bolo...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi