Pentingnya pemberian jamu sapi di saat cuaca ekstrim

 Pentingnya pemberian jamu sapi di saat cuaca ekstrim

31 Agustus 2023. Merupakan hari dimana cuaca sedang extrem bolo. Saat pagi udara terasa sangat dingin, sedang saat siang cuaca terasa sangat panas.

sumber: shutterstock/Edgar G Biehle

Dampaknya ke ternak sapi apa?. Produksi jadi berpengaruh bolo, baik itu susu, daging maupun breeding bolo. Belum lagi sapi gampang terserang batuk, pilih dan bahkan demam bolo.

Namun jangan khawatir bolo kita sebagai peternak bisa mensiasati nya dengan pencegahan sejak dini. Dengan cara memberikan jamu empon-empon bolo.

Ilustrasi jamu empon-empon 

Apa saja jamu yang termasuk empon-empon?. Misalnya Jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, dan temu kunci. Semua jamu ini bisa kamu buatkan untuk sapimu bolo. Namun kadang peternak ada yang gak sempat bikin karena ribet.

Maka kamu bisa gunain jamu empon-empon versi siap pakai bolo. Jamu versi instan ini biasanya kering bolo, kamu bisa dapatkan di pasar tradisional di daerah mu. Atau jika tidak mau ribet bisa juga pesan online bolo.

sumber : shutterstock/Elizaveta Galitckaia

Fungsi utama jamu empon-empon ini untuk sapi adalah sebagai suplemen alami, penguat daya tahan fisik sapi bolo. Meski alami kualitas tidak kalah dengan yang medis loh bolo dan tentunya aman untuk semua sapi kecuali pedet umur dibawah 1 bulan.

Semoga bermanfaat

Sekian...salam ternak.... semangat bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi