Bisnis sampingan peternakan sapi

 Bisnis sampingan peternakan sapi

Usaha ternak sapimu memang cukup besar omsetnya. Namun untuk mendapatkan keuntungan yang besar kamu harus nunggu waktu beberapa bulan bolo.

Ilustrasi menjalani bisnis ternak sapi. Sumber: shutterstock/Vladimir Mulder

Sembari menunggu waktu panen sapimu. Alangkah bagusnya jika kamu punya bisnis sampingan selain ternak sapimu bolo. Berikut bisnis sampingan selain ternak sapimu bolo.

1. Pakan sapi instan. Kamu bisa nyediain pakan sapi instan ke peternak lain bolo. Misalnya kamu ada stok pakan hijauan melimpah, nah coba cacah rumput mu untuk coba dijual dalam bentuk pakan olahan silase dan fermentasi an ke peternak lain bolo.

Gambar pakan sapi


2. Premix sapi. Mungkin kamu tidak kepikiran untuk membuat racikan bahan pakan di kandang mu ini di komersilkan bolo. Siapa tau bisa dapat cuan bolo, cobalah untuk memasarkan premix racikanmu ke konsumen bolo.

3. Jasa pembuatan kandang sapi. Misal kandang mu udah gede banget bolo, populasi sapi banyak, mitra peternak sapi pun banyak. Nah coba tawarkan ide pembuatan konsep kandang ala peternakanmu bolo... Buatlah paket agar calon mitra tertarik dan akhirnya tender pembuatan kandang bisa kamu kerjakan bolo.

Gambar jasa buat kandang pedet. Sumber: shutterstock/ jantsarik

4. Jualan sapi Ke pasar. Jika kamu punya modal lebih coba jualan sapi ke pasar sapi bolo. Omsetnya harian loh bolo...dan juga gak main-main omset hariannya...siapa tau dengan bakat, tekun, dan koneksi kamu bisa menjadi pedagang sapi sukses bolo.

Ilustrasi gambar pasar sapi.


Kesimpulannya ini dia 4 bisnis sampingan yang bisa peternak sapi coba bolo.

1. Jual pakan sapi instan. Bisa Konsentrat, komplet feed, silase dan fermentasi bolo.

2. Jualan premix sapi versi kandang mu bolo.

3. Buka jasa pembuatan kandang sapi.

4. Menjadi pedagang sapi.

Kalau kamu pilih yang mana bolo....tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak..... semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi