Fermentasi pakan sapi


 Fermentasi pakan sapi

Fermentasi pakan sapi merupakan usaha peternak membuat pakan dengan menambahkan bahan aktif berupa bakteri yang baik untuk meningkatkan mutu dari bahan pakan yang difermentasi bolo.

Apa saja bahan pakan yang bisa difermentasi?. Diantaranya adalah rumput kolonjono, jerami padi, tebon jagung, enceng gondok, kulit kopi, gedebog pisang, daun jati, klobot jagung, limbah sayur pasar, dan daun singkong bolo.

Gambar. pakan fermentasi yang diberikan ke sapi.


Apa saja bahan untuk membuat fermentasi?. Umumnya yang harus ada misal hijauan berupa rumput kolonjono , bisa diganti bahan lain yang sudah di cacah bolo. Lalu ada konsentrat, lalu bisa di campur bahan tambahan misal tumpi jagung, kulit kopi, kacang reject dll bolo. Lalu ada probiotik, prebiotik, premix , dan tong atau silo buat penyimpanan bolo.

Apa kelebihan pakan fermentasi ?. Dalam segi kualitas pakan, tentu efektivitas terserapnya ke rumen lebih baik bolo. Karena dalam pembuatanya ada bakteri baik yang itu bisa memudahkan proses pencernaan dalam rumen sapi bolo.

Apa kekurangan fermentasi ?. Resiko gagal pembuatnya cukup tinggi, karena harus tau ilmunya membuat fermentasi pakan ya bolo. Belum lagi jika tanpa mentor atau guru pendamping beresiko menambah biaya dan waktu untuk membuatnya bolo.

Kesimpulannya

Jika memang kamu tertarik ingin mencoba buat pakan fermentasi sapi sendiri. Belajar ke mentor bolo, atau bisa juga simak ilmu fermentasi di online dan refrensi-refrensi terpercaya. Tetep belajar dan mencoba hal baru untuk perkembangan ternak sapimu ya bolo.

Share juga pengalaman mu membuat fermentasi di komentar ya bolo...

Sekian....salam ternak....semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi