Filosofi ternak sapi boros

 Filosofi ternak sapi boros

Dalam ternak sapi peternak memiliki tanggung jawab besar bolo. Yaitu tuntutan untuk mengelola segala hal nya secara baik dan tetap berfokus pada asas keuntungan bolo.

Boros. Sumber: shutterstock/Muhamad Farihin

Namun bagaimana jika semua anggapan itu tidak dilakukan bolo, atau bahkan sengaja dilupakan. Maka jawabannya bisa untung, bisa buntung. Biar saya jelasin.

Pertama, peternakanmu Bisa untung, dengan catatan kalau beground modal beternak sapimu tak terbatas bolo. Misal kamu lulus S1 fakultas bisnis. Orang tuamu punya aset berjuta-juta dolar baik dalam maupun luar negri.

Lantas kamu karena ingin ngerintis usahamu sendiri, kamu tertarik ngejalanin usaha ternak sapi bolo. Mulai dari bikin kandang kamu langsung terapin sistem pedestarian, lalu pengadaan bakalan kamu langsung datengin beberapa ekor dari berbagai negara, pakan sapi memberikan kelas premium, perawatan sapi pun juga menerapkan sistem premium.

Namun di tengah jalan, ternyata usaha ternakmu sepi pasar, sepi minat, sehingga menyebabkan stok sapi menumpuk, di potong pun daging pun juga laku murah sekali bolo.

Dengan biaya produksi yang cukup tinggi, biaya operasional terus membengkak akhirnya kamu terpaksa harus tutup peternakan bolo.

Di kasus ini pasti kamu mikir bakalan kelar ini usaha. Namun karena bajet orang tua bernilai sangat banyak, hal remeh semacam ini bisa mudah tercover dengan baik dan akhirnya bisa memudahkan nya kembali beternak lagi bolo dengan pengalaman yang dimilikinya.

Artinya di contoh pertama ini peternak untung, karena di lingkungan yang mendukung untuk melakukan gaya hidup ternak boros bolo.

Kedua, peternakanmu bisa buntung. Karena minim bajet untuk menjalankan sistem ala-ala peternak pertama tadi bolo.

Alhasil, bisa dipastikan resiko tingkat kegagalan ternak sapimu lebih besar bolo. Modal ludes, bekingan modal tidak ada. Harus beralihlah kita ke profesi lain bolo untuk bisa menopang biaya hidup harian.

So bolo, dari kedua contoh sederhana di atas. Filosofi beternak sapi boros tidaklah di anjurkan untuk semua latar belakang ekonomi.

Lalu apa yang di sarankan?. Lakukan ternak sebaik mungkin bolo, dengan ilmu, petunjuk teknis, dan mentoring dari para peternak sukses di Indonesia bolo.

Salam high value farmer.... semangat bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi