Kandang lemprak sapi

 Kandang lemprak sapi

Kandang lemprak sapi. Sumber: Instagram/tr_buyukbas

Kandang lemprak sapi merupakan kandang yang menggunakan bangunan tanpa lantai kandang bolo. Dalam keseharian nya sapi dengan kandang lemprak akan bebas bermain, berlari, makan, minum tidur dan bahkan kawin dengan sapi betina lain bolo.

Kandang lemprak memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan bolo. Berikut penjelasannya.

Kelebihan kandang lemprak sapi.

Pemandangan kandang lemprak. Sumber: shutterstock/Raota

1. Sapi bebas. Dalam menjalani aktivitas harian, sapi bebas mau ngapain bolo. Tidak terkecuali sapi juga bisa melakukan aktivitas yang jarang kamu liat, seperti lompat-lompat, kejar-kejaran dengan sapi lain dan bahkan bisa bermain petak umpet dengan sapi lain bolo.

2. Sapi jadi makin sehat. Sapi jadi makin sehat karena badan sapi bergerak bebas bolo. Tanpa di ikat, tanpa di kekang. Mereka bisa menjaga fisik mereka agar tetep sehat bolo.

3. Sapi cepat bunting. Untuk sapi betina yang disistem kandang lemprak . Ini bisa ningkatin potensi kebuntingan pada sapimu bolo. Alasannya sapi dengan kandang lemprak, si jantan bisa tau kapan sapi betinamu birahi bolo. Sehingga sapi jantan akan mudah dalam melakukan pembuahan ke sapi betinamu bolo.

Kekurangan kandang lemprak:

1. Amoniak kotoran sapi tinggi. Dalam keseharian sapimu buang kotoran dan urine di setiap sudut bolo. Sehingga ini akan meningkatkan bau amoniak yang berdampak pada kenyamanan sapi dan kandang bolo.

2. Sapi mudah tertular penyakit. Dengan kondisi sapi yang setiap hari bersentuhan antar sapi 1 dengan sapi lain. Tidak menarik kemungkinan salah satu sapi kamu sakit dan berpotensi menular ke sapi yang sehat bolo.

3. Teritorial kandang. Dalam kandang lemprak sapi akan memiliki sifat dominan wilayah bolo. Sehingga untuk mengantisipasi hal ini kamu harus sediakan Palung pakan yang mengelilingi kandang bolo, agar sapi yang kalah saing dengan sapi agresif bisa mendapatkan kebutuhan pakan harian yang cukup bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang kandang lemprak ini bolo....tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak.... semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi