Kebiasaan remeh peternak tapi sebenarnya bisa memperkuat dirimu bolo !

Kebiasaan remeh peternak tapi sebenarnya bisa memperkuat dirimu bolo !

Berikut ini adalah 6 hal yang kelihatanya buang-buang waktu, nyia-nyiain waktu peternak saat di lakuin. Tapi sebenarnya punya banyak manfaat buat dirimu bolo.

Pertama ibadah dan doa. Udah banyak ditinggalin sama peternak di negara sekuler. Karena di anggap buang-buang waktu. Padahal bolo, kalao kamu rajin ngelakuin ibadah. Rajin ndekatin diri kepada sang maha kuat.

Berdoa sesuai agama masing-masing. Sumber: shutterstock/Jaynothing

Dijamin, kamu bakal dapat sumber kekuatan sejati buat bertarung dan berjuang di usaha peternakan mu bolo.

Apalagi abis ibadah, kamu sambung dengan doa..efek nguatkanya bisa berkali-kali lipat bolo.

Kedua, ngobrol sama orang yang lebih tua. Kebanyakan peternak modern yang beranggapan orang tua itu kuno. Kolot, gak ngerti kemajuan zaman, buang-buang waktu ngobrol sama mereka.

Ngobrol sama orang yang lebih tua, punya segudang manfaat untuk kesehatan mentalmu bolo. Sumber: shutterstock/fizkes

Padahal, mereka punya yang namanya kebijaksanaan hidup. Dan kebijaksanaan ini gak bisa kamu temuin di google bolo. Bahkan gak bisa dipelajari di universitas. 

Luangin waktu buat ngobrol sama orang tua bolo, terutama mereka yang bijaksana. Biar kamu bisa lebih memahami arti kehidupan. 

Ketiga. Nulis buku harian. Sering saya namain dengan istilah jurnal. Banyak yang berpikir,ngapain peternak nulis catatan harian ? Sadfarmer banget. 

Menulis kegiatan merupakan satu bentuk mendisplinkan diri untuk hal yang bermanfaat bolo. Sumber: shutterstock/Ivan Kruk

Padahal kalao kamu ngelakuin ini...kamu justru jadi bisa evaluasi berbagai aktivitas peternakan mu. Bisa belajar dari kesalahan masa lalu. Bisa lebih bersyukur menjalani hidup.

Keempat. Belajar hal yang kamu gak jago. Apalagi kalau bener-bener baru, bener-bener dari nol. Banyak orang yang akan bilang, ngapain kamu mau belajar ternak sapi ?. Buang-buang waktu banget.

Bahkan kamu sendiri, mungkin ngerasain hal sama. Apalagi kalau masih belum jago, gagal-gagal terus dalam prosesnya. Tapi bolo kalo kamu berhasil melewati fase nggak jago, fase gagal ini. Saat kamu akhirnya bisa...kamu akan jadi peternak yang level up....

Akan dapat skill baru yang sebelumnya kamu Cuma bisa impikan dan bayangkan. Sekarang beneran bisa kamu lakuin..

Kelima taat peraturan. Banyak peternak yang ngerasa menaati peraturan yang jelas-jelas bagus, buat kepentingan usaha ternak bersama. 

Kayak buang sampah pada tempatnya, naroh wadah pakan sapi di tempatnya, atau mandi setelah dari kandang sapi. Itu sebagai hal yang merepotkan, buang-buang waktu, gak penting dijalanin. 

Ngapain jauh-jauh cari tempat sampah?, Mending buang sini aja. Ngapain naroh tempat pakan di tempatnya ?, Mending biarin gitu aja besok dipake nyombor lagi.

Ini problem para peternak Indonesia dan orang-orang di negara berkembang. Kamu liat negara-negara maju, peternak nya taat peraturan banget.

Dan mentalitas mentaati aturan, ini perlu banget dilakukan kalau diri kita mau maju bolo. 

Salam high value farmer




 

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi