Komparasi pakan sapi konsentrat sapi dan komplit feed

 Komparasi pakan sapi konsentrat sapi dan komplit feed

Pakan sapi merupakan salah satu bahan wajib peternak sapi dalam menentukan sedikit besarkanya keuntungan ternak sapi di saat panen bolo.

Gambar pemberian komplit feed pada sapi. Sumber: shutterstock/Roman Melnyk

Komparasi atau membandingkan antara pakan konsentrat sapi dan komplit feed, manakah dari keduanya yang paling menguntungkan jika kita berikan ke sapimu bolo.

Kita bahas dulu tentang konsentrat sapi bolo..

Konsentrat sapi adalah jenis pakan ternak yang terbuat dari serat kasar yang rendah energy dan BETN tinggi, serta mudah untuk dicerna oleh ternak. Kandungan yang terdapat pada pakan konsentrat mengandung < 18% serat kasar (SK), > 60% kandungan zat pembentuk energy (TDN), > 60% protein kering tinggi.

Dari sini kita bisa lihat bahwa kandungan konsentrat sapi hanya sedikit kandungan seratnya bolo, yaitu sebanyak <18% artinya harus di bawah 18% ke bawah bolo. Agar layak dan bisa memberikan manfaat penambahan daging harian sapi secara baik bolo.

Selanjutnya kita bahas tentang komplet feed bolo. Complete Feed adalah sebuah teknologi formulasi dalam proses pembuatan pakan ternak yang didalamnya telah mencampur semua bahan pakan yang terdiri dari limbah pertanian ( hijauan ) dan konsentrat yang akan diolah dan dicampur menjadi satu yang bisa atau tidak ditambahkan dengan rumput segar.

Pakan komplit ini merupakan ransum sebagai pakan berimbang yang sudah lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ternak, baik untuk sapi penggemukan, untuk sapi pembesaran, dan untuk produksi susu bolo.

Perbedaan konsentrat dan pakan komplit feed bisa dilakukan dengan cara mengetahui seberapa banyak kandungan nutrisi dan gizi yang harus dibutuhkan oleh hewan ternakmu selama 24 jam bolo.

Kesimpulannya dari kedua pakan olahan di depan maka bisa dikatakan bahwa kandungan konsentrat lebih tinggi protein, sedang kandungan bahan dan manfaat komplit feed

Salam high value farmer.... semangat bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi