Mengolah limbah sapi

 Mengolah limbah sapi

Ilustrasi gambar limbah sapi. Sumber: shutterstock/William Edge

Limbah sapi merupakan sisa produksi peternakan sapi. Diantaranya sisa pakan, daun-daunan dan feses yang telah dikeringkan.

Mengolah limbah sapi merupakan kegiatan yang cinta akan lingkungan, alam dan masyarakat bolo. Karena dengan mengolah limbah sapi, peternakan mu menjadi salah satu pelopor peternakan yang ramah dan peduli kepada lingkungan bolo.

Digunakan untuk apa limbah sapi berupa hasil pakan?. yaitu digunakan untuk membuat pupuk organik untuk pertanian bolo.

Jika kamu tidak bisa mengolahnya kamu bisa lakukan kerjasama dengan pengolah untuk akademisi bolo. Seperti kampus pertanian, dan SMK pertanian.

Atau jika ada masyarakat yang membutuhkan berikan saja ke mereka bolo dengan MOU nanti kalau jadi produk pupuk kamu bisa dapetin secara murah untuk keperluan bank pakan hijauan ternakmu bolo.

Sedangkan limbah sapi berupa kotoran untuk apa ?, Yaitu untuk pupuk juga bolo. Untuk membuat pupuk perlu perhatian khusus bolo, maka jika waktuku sudah terporsir ke peternakan sapimu.

Kamu bisa kerjasama dengan pihak ketiga bolo. Dalam hal ini bisa para mahasiswa pertanian, atau bisa juga ke dinas pertanian. Dengan pola kerjasama yang bisa menguntungkan peternakanmu dan instansi terkait bolo.

Share di kolom komentar bolo, pengalaman apa yang kamu terapkan dalam mengolah limbah peternakan mu ya bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi