Resiko ternak sapi fatening

 Resiko ternak sapi fatening

Resiko ternak sapi sistem fatening. Sumber: Instagram/@portalboigordo

Ternak sapi sistem fatening adalah ternak sapi dengan cara penggemukan bolo. Model ternak sapi ini memiliki keuntungan berupa proses panen yang lebih singkat jika dibandingkan ternak sistem breeding, yaitu haru menunggu 9-1 tahun baru bisa memperoleh hasil panen yaitu berupa pedet.

Sedang ternak fatening bisa memangkas proses panen sapi hanya 3-6 bulan saja bolo. Sapi sudah bisa di jual bolo. baik dalam bentuk sapi hidup, maupun sapi dalam bentuk daging bolo.

Namun taukah bolo?. Ternak sapi fatening punya satu resiko yang jarang di bahas oleh kebanyakan orang. Yaitu ternak sapi fatening lebih banyak pikiran dibandingkan ternak sapi breeding. Begini penjelasannya bolo....

1. Biaya pakan tinggi. Ternak sapi fatening memiliki resiko di penyediaan pakan yang kamu harus racik sedemikian rupa agar bisa menghasilkan jumlah pertambahan bobot harian yang tinggi bolo. Misal kamu punya sapi 100 ekor, sudah selayaknya kamu harus pinter-pinter nyari bahan pakan yang tinggi protein namun dengan harga yang tidak mahal bolo. Artinya kamu harus bisa bikin pakan sendiri bolo, jika tidak. Kamu akan kelebihan ongkos di biaya pakan bolo...sedangkan perlu diketahui bolo, biaya pakan sapi memiliki prosentase pengalokasian yang cukup besar bolo yaitu 70% selain biaya operasional. Tentu hal ini akan membutuhkan pemikiran yang cukup banyak bolo.

2. Butuh tempat yang cukup luas. Jika ternak sapimu sistem kandang kereman, atau sapi diikat dari masuk kandang maka kamu harus sediakan paling tidak tempat pengikat sapi yang cukup lebar bolo... Jangan terlalu dekat antara jarak pengikat sapi dan lantai kandangnya bolo.... pengalaman saya saat sapi terlalu dekat jarak nya, resiko di malam hari bisa berdesakan dengan sapi lain untuk istirahat bolo. Sehingga kamu akan kepikiran Mulu setiap malam bolo.. solusinya cek ke kandang sapi tiap malam bolo, agar kondisi sapimu bisa istirahat dengan aman bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang resiko ini bolo, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak.... semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi