Solusi ternak sapi yang mogok breeding

Solusi ternak sapi yang mogok breeding


Solusi ternak sapi mogok breeding. Sumber: Instagram/dahianaldc

Breeding sapi merupakan ternak sapi model mengembang Biakkan populasi sapi secara keseluruhan bolo. Baik untuk induknya, calon induknya, pedet dan sapi bakalan yang siap di besarkan bolo.

Ternak sapi breeding memiliki satu masalah yang perlu diperhatikan bolo. Yaitu sapi betina yang selalu gagal di IB kan atau selalu gagal di kawinkan, orang Jawa menyebutnya dengan sapi majer.

Sapi dengan kondisi majer ini cukup menguras perhatian bolo. Karena yang seharusnya target produksi pedet dari sapi betina ini bisa tercapai, malah sapi gak bisa bunting yang berujung pada gagalnya penambahan jumlah pedet di kandang mu bolo.

Bagaimana cara mengatasinya bolo ?. Cara mengatasi sapi majer di kandang ada 2 bolo.

Pertama, sapi dijual. Sapi dijual dengan alasan karena sudah tidak produktif pedet atau susunya bolo. Sehingga untuk memangkas biaya perawatan kamu bisa jual sapimu bolo.

Namun jangan hanya di jual saja bolo, melainkan Carikan sapi pengganti yang berpotensi produktif sehingga bisa menambah jumlah sapi betina yang akan memproduksi pedet dan susu di kandang mu bolo.

Kedua, sapi digemukkan. Cara ini cukup bagus bolo. Karena dengan digemukkan atau di alihkan fungsinya dari sapi breeding ke sapi fatening. Maka akan memungkinkan pertambahan nilai keuntungan harga jual sapi betina mu saat panen nanti bolo.

Namun sedikit catatan bolo, jika sapi betina majer mu hendak dijadikan sapi fatening. Berikan pakan yang tinggi protein bolo..ini bertujuan untuk memaksimalkan bobot sapi harian mu bolo, sehingga sapi jadi gemuk, sehat dan dengan harga jual yang tinggi.

Bagaimana pendapatmu bolo...tulis di kolom komentar ya....

Sekian...salam ternak.... semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi