Ilmu pembuatan kandang sapi

 Ilmu pembuatan kandang sapi

Proses pembuatan kandang sapi. Sumber: istock/ArtistGNDphotography

Kandang sapi menjadi kebutuhan wajib yang harus kamu lakukan sebelum melakukan ternak sapi bolo. Dengan kandang sapi peternak jadi lebih di untungkan terutama dalam memanajemen dan merawat sapi bolo.

Kita akan bahas pembuatan kandang bolo, mulai dari luas kandang, tempat pakan, lantai kandang, sistem pengairan. Berikut penjelasannya:

1. Ukuran kandang sapi. Umumnya kandang sapi terdiri dari tempat pakan, tempat sapi, saluran irigasi limbah, lorong tengah. Misal luas kandang mu 100 m, maka bagi dengan beberapa bagian dalam kandangmu seperti jarak antar sapi, jarak panjang sapi dll bolo. Menyesuaikan kondisi lingkungan kandang mu saja ya bolo.

2. Tempat pakan. Tempat pakan menyesuaikan kondisi Kandang mu bolo. Misal saya pakai kandang individu yang mempunyai lebar kadang sebesar 1,5 meter, maka panjang tempat pakan berkisar antara 90 – 100 cm dan Tempat minum berkisar antara 50 – 60 cm. Sedangkan lebar palungan Adalah 50 cm, dan tinggi bagian luar 60 cm dan bagian dalam sebesar 40 Cm. Sedangkan Ukuran palungan untuk kandang kelompok adalah mengikuti panjang Kandang, dengan proporsi tempat minum yang lebih kecil dari tempat pakan

3. Lantai kandang. Untuk panjang lantai kandang 1,5-2 m x 1,20 m bolo, lalu untuk kemiringan lantai kandang adalah 2-5 cm, lalu untuk selokan pembuangan limbah sapi ukuran nya adalah lebar 30-40 cm, dalam selokan 5-10 cm .

4. Tempat minuman sapi. Bisa menyesuaikan keinginan saja bolo, ada yang menggunakan sistem Adlib atau sapi minum. Umumnya ini di pasang di samping sapi dengan bentuk bulat berisi pipa yang di aliri air dari bak kontrol bolo. Sehingga kondisi Air bersih terus dan sapi pun bisa sehat.

Kesimpulannya ini dia 4 ilmu tentang membuat kandang sapi. Bolo.

1. Luas kandang sapi. Misal 100 meter bagi menjadi beberapa bagian bolo.

2. Tempat pakan. Lebar 1,5x 90 cm.

3. Lantai kandang. Panjang 1,5-2 m x 1,20 m bolo.

4. Tempat minuman sapi. Sistem adlibitum atau tanpa batas bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang pembuatan kandang di depan bolo…share pengalaman mu di kolom komentar ya bolo…

Sekian….salam ternak…. Semangat bolo…..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi