Kearifan lokal ternak sapi breeding di Indonesia

 Kearifan lokal ternak sapi breeding di Indonesia

Salah satu kearifan lokal ternak sapi dindonesia adalah ternak sistem tradisional. Sumber: shutterstock/Mohammadridwan

Indonesia merupakan negara yang melimpah sumber daya nya. Sebut saja dari hasil pertanian indonesia mampu memiliki produksi padi,kelapa sawit,karet,kopi,coklat, buah-buah tropis, sayuran, dan perkebunan. Sehingga pernah muncul anggapan bahwa indonesia termasuk negara yang maju bolo.

Meskipun cukup maju dibidang pertanian, indonesia juga punya produk unggulan lain di kancah nasional. Produk itu bernama “produk hewani” yang salah satu penyumbangnya adalah sapi bolo. Namun kita hanya akan menfokuskan pembahasan tentang melihat peternak sapi breeding di indonesia ya bolo. Berikut penjelasanya:

1. Breeding sapi tradisional. Hal ini tidak sulit kita temui di sudut maupun di beberapa daerah di seluruh Indonesia, khususnya jawa ya bolo. Peternak sapi di Indonesia masih menggunakan mindset bahwa breeding sapi bukanlah untuk bisnis, namun hanya sebagai tabungan yang kelak saat di butuhkan hasil dari breeding sapi tersebut bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi ya bolo.

2. Pakan breeding sapi masih alami. Masih cukup banyak brberapa prternak zaman sekarang abad 21 . Masih memberikan pakan sapi breeding nya hanya hijuan atau rumput-rumputan ya bolo. Hal ini sangat wajar, karena prnduduk kita masih banyak dari kalangan menengah kebawah ya bolo. Sehingga kebutuhan pokok harian seperti makan, kendaraan dan kebutuhan lain masih harus di utamakan. Dengan diimbangi beternak sapi sistem breeding ya bolo.

3. Penjualan sapi ke pasar sapi. Sudah tidak asing bagi peternak sapi breeding Indonesia, menjual sapi seringnya ke pasar sapi. Hal ini dilakukan karena menurut kita jual di pasar sapi proses cepat dan terkadang mendapat keuntungan jauh lebih besar, jika dibanding saat dibeli sama bakul sapi. Namun sebenarnya jika ada yang jual ke perusahaan pun pasti harus lebih besar jumlah sapi yang di tawarkan ya bolo. Sehingga pilihan jual sapi breeding ke pasar lebih menguntungkan hingga saat ini ya bolo.

Kesimpulannya, ini dia 3 kearifan lokal beternak sapi breeding di Indonesia.

1. Breeding sapi dengan model tradisional.

2. Pakan sapi breeding cenderung masih alami berupa hijuan bolo.

3. Penjualan sapi ke pasar sapi. Jarang yang jual ke setingkat perusahaan ya bolo.

Bagaimana tanggapa mu tentang hal di depan, tulis pendapatmu di kolom komentar ya bolo...

Sekian....salam ternak.....semangat bolo......


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi