Membedakan antara ampas tahu, onggok dan bekatul apakah termasuk konsentrat ?

 Membedakan antara ampas tahu, onggok dan bekatul apakah termasuk konsentrat ?

Onggok ketela, termasuk dalam serat kasar yaitu merupakan bahan pokok pembuatan konsentrat. 

Jawabanya adalah Ampas tahu, onggok ketela (ubi kayu), dan bekatul tidak termasuk dalam kategori konsentrat pakan ternak bolo.

Konsentrat pakan sapi adalah pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan biasanya digunakan sebagai tambahan pakan untuk memberikan asupan nutrisi yang lebih kaya, terutama untuk sapi yang dalam fase pertumbuhan atau produksi tinggi seperti sapi perah, dan sapi potong bolo.

Sebaliknya, ampas tahu, onggok ketela, dan bekatul lebih sering digunakan sebagai bagian dari pakan serat atau bahan pakan kasar untuk sapi bolo.

Meskipun mereka mengandung nutrisi, kandungan energi dan protein mereka biasanya lebih rendah daripada konsentrat pakan seperti biji-bijian (misalnya jagung atau kedelai).

Pemanfaatan ampas tahu, onggok ketela, dan bekatul dalam ransum sapi tergantung pada komposisi gizi yang dibutuhkan untuk jenis sapi yang kamu ternakkan bolo.

 Umumnya ketiga bahan tersebut digunakan sebagai sumber serat dan energi tambahan dalam ransum untuk memenuhi kebutuhan makanan sapi bolo.

Perlu diperhatikan bahwa pemberian yang tepat dan perencanaan ransum yang baik sangat penting untuk memastikan sapi mendapatkan nutrisi yang seimbang dan memenuhi tujuan ternak yang kamu inginkan bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian...salam ternak....semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi