Membuat formula pakan sapi murah

 Membuat formula pakan sapi murah

Ilmu meracik Pakan sapi murah bertujuan untuk menekan ongkos biaya serendah mungkin serta tak meninggalkan kualitas nya bolo. Sumber: Instagram/angusvenezuela.

Pakan sapi menjadi hal umum yang biasa kamu berikan ke sapimu setiap hari bolo. Pakan sapi juga menjadi kebutuhan pokok yang kamu harus setiap hari bolo, baik itu dalam bentuk segar maupun pakan sapi dari hasil timbunan bahan pakan yang sudah kamu sediakan sebelum nya bolo.

Pakan sapi murah adalah solusi sekaligus inovasi yang berkelanjutan oleh peternak, pembisnis maupun akademis guna menunjang perkembangan, pertumbuhan dan keberlangsungan sapi-sapimu di kandang bolo. Sehingga hal ini akan sangat membantu peternakanmu mengurangi ongkos biaya yang berkontribusi besar pada bidang pakan sapi bolo. Lalu bagaimana cara membuat formula atau racikan pakan sapi murah,Jangan di skip agar tidak miss informasi berikut penjelasannya bolo.

1. Siapkan bahan rumput. Rumput menjadi bahan utama dalam pembuatan pakan murah ini bolo. Karena rumput cukup mudah di dapat serta rumput juga sangat mudah di budidayakan. Sehingga kamu harus mencari rumput terlebih dahulu bolo untuk meracik atau memformulasikan pakan murah ini bolo. Lalu rumput mu proses selanjutnya adalah di cacah bolo, bisa menggunakan coper manual, atau jika memungkinkan ada mesin pencacah rumput langsung dari ladang malah tambah bagus bolo. Jika sudah kita lanjut ke nomer 2.

2. Siapkan bahan bekatul. Bekatul ini merupakan limbah pertanian padi bolo. Bentuknya bubuk dengan warna coklat. Umumnya bekatul di jual di agen selop beras, atau tukang selop beras keliling juga ada dengan harga yang cukup terjangkau. Namun saya lebih saranin nyari bekatul yang tinggi protein saja bolo yaitu bekatul jenis separator. Ini harga di angka 4500-500 bolo per kg. Namun pemberian nya jika sudah tinggi protein hanya sedikit bolo. Jika sudah kita lanjut ke nomer 3.

3. Siapkan konsentrat sapi. Konsentrat sapi umumnya sudah dijual dalam bentuk kemasan. Namun jika kamu sudah produksi konsentrat sapi sendiri itu lebih bagus bolo. Kamu perlu siapkan konsentrat ini bolo berguna untuk memberikan tambahan protein ke pakan murah yang akan kamu buat bolo. Harganya cukup bervariasi namun pilih saja yang paling murah, dengan catatan jika tadi di point’ nomer 2 kamu sudah beli bekatul separator bolo. Jika sudah siap, kita lanjut nomer 4 bolo.

4. Mencampurkan atau mixing ketiga bahan di depan.. setelah ketiga bahan di depan siap lalu kini kamu harus siapkan formulasi nya bolo. Yaitu untuk bahan hijauan sebesar 70% + untuk bekatul 10% + untuk Konsentrat 20%. Pembagiannya jika kamu akan memproduksi 100 kg pakan murah. Maka kamu bisa terapkan 70kg hijauan+10kg bekatul dan 20 kg konsentrat. Jangan lupa di tambah premix bolo. Jika sudah lalu simpan di tempat teduh dan tertutup rapat ya bolo.

Kesimpulannya ini dia 4 cara memformulasikan pakan sapi murah.

1. Siapkan bahan pakan rumput

2. Siapkan bekatul

3. Siapkan konsentrat

4. Formulasinya 70% rumput +10% bekatul + 20% konsentrat. Lalu di tambah premix.

Bagaimana pendapatmu tentang formula pakan ini bolo…tulis pengalaman mu yang udah pernah bikin konsentrat sapi…dengan senang hati saya akan membaca dan menanggapi bolo.

Sekian…salam ternak…. Semangat bolo……


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi