Membuat formula pakan untuk pedet

 Membuat formula pakan untuk pedet

Ilmu meracik pakan khusus untuk pedet. Sumber: Instagram/agropecuariasubienda.

Dalam beternak sapi kamu harus mampu melakukan segala hal untuk merawat, membesarkan, menggemukan dan meningkatkan apapun yang berhubungan dengan kandang dan sapimu bolo.

Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah sapi pedet. Sapi pedet adalah sapi spesial hasil dari indukan terbaik di kandang mu bolo. Sehingga kamu haruslah tahu betul apa saja kebutuhan pedetmu, tidak lain salah satunya adalah pakan pedet bolo.

Divideo ini saya akan bahas tentang ilmu membuat formula atau racikan pakan khusus pedet bolo. Bagaimana caranya, jangan di skip agar tidak Miss informasi, berikut penjelasannya bolo.

1. Menentukan protein. Dalam membuat pakan disini saya akan urutkan dari yang pertama dulu yaitu protein. Protein ini bisa di dapat dari berbagai jenis limbah pertanian dan perkebunan bolo. Saran saya pilih dengan kandungan antara protein, karbohidrat dan nutrisi yang seimbang. Misal sebagai protein kamu pakai polard dengan kandungan protein 17%, lalu sebagai karbohidrat kamu pakai tepung gaplek, lalu sebagai anti cacing kamu bisa pakai kulit kopi bolo. Jika sudah dapat bahanya kita lanjut ke nomer 2 bolo.

2. Menentukan serat. Serat disini adalah pakan penyeimbang agar fungsi protein tidak terbuang begitu saja bolo tanpa diiringi serat. Serat bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis limbah pertanian juga seperti tumpi jagung, kulit kedelai, dll bolo, atau jika memang sudah dapat nya bisa juga dengan hijauan bolo. Saya rasa untuk hijauan ini cukup mudah ya bolo untuk ketersediaan nya. Untuk memproses hijauan kamu bisa cacah dulu ya bolo dengan mesin coper. Jika sudah dapat bahan serat kita lanjut ke nomer 3 bolo.

3. Menggabungkan kedua bahan di depan bolo. Untuk menjadikan 1 dalam sebuah pakan yang mudah dalam menyajikan ke pedet. maka dapat dilakukan pencampuran bahan bolo atau disebut dengan mixing. Adapun untuk prosentase pakan no 1 dan 2 adalah, untuk bahan pakan protein usahakan di angka 70% ya bolo. Sedangkan untuk serat cukup 30% saja bolo. Kedua bahan tersebut dicampur di tambah sedikit premix dan pakan siap di sajikan pedet bolo.

Kesimpulannya ini dia 3 cara membuat formula pakan sapi pedet bolo.

1. Menentukan bahan pakan yang mengandung protein

2. Menentukan bahan pakan yang mengandung serat

3. Mencampurkan 2 bahan di depan dengan menambah sedikit premix ya bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini ..tulis dan share pengalaman mu meracik pakan di kolom komentar ya bolo….

Sekian…salam ternak…. Semangat bolo…..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi