Menangani sapi baru Datang

 Menangani sapi baru Datang

Sapi baru datang dari pasar hewan

Dalam peternakan sapi, tak jarang kamu memiliki aktifitas jual beli dalam perputaran usaha sapimu bolo. Sehingga sedikit tidaknya dalam kurun waktu tertentu, seminggu sekali, sebulan sekali atau beberapa bulan sekali, aktivitas mendatangkan sapi baru pasti terjadi bolo.

Maka sudah selayaknya kamu harus melakukan treatmen, perawatan dan penanganan awal kepada sapi-sapi barumu bolo. Tidak lain dan tidak bukan dengan tujuan agar sapimu terminimalisirkan resiko penyakit, stress dan menjaga performa konsumsi pakan yang bagus di kandangmu bolo.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan kepada sapi barumu yang barusan datang dari daerah lain, kandang lain, maupun dari pasar bolo. Yang umumnya mengalami perjalanan dengan naik kendaraan. Berikut penjelasanya bolo:

1. Spet oral dengan obat anti mag sapi. Tujuan pemberian obat ini adalah untuk memperbaiki secara cepat lambung sapi yang mengalami perjalan jauh, sehingga adanya sapi masuk angin, kembung dan masalah pencernaan lain bisa tertangani dengan obat anti magh sapi ini bolo. Adapun obat yang bisa kamu berikan merk di pasaran contohnya tympanol sb ya bolo. Berikan sesuai dosis di kemasan bolo.

2. Inject/suntik ATP. ATP (Adenosine Triphosphate) adalah molekul energi utama yang ditemukan dalam sel hewan, termasuk sapi bolo. Ini adalah molekul energi universal dalam sel-sel semua makhluk hidup. ATP berperan dalam penyediaan energi yang diperlukan untuk berbagai proses seluler dan fisiologis bolo. Sederhananya ATP adalah obat anti stress bolo, yang mencover serta mercovery sapi barumu yang barusan datang dari perjalanan. Contoh obat berbahan ATP di pasaran seperti: Biosan, Biodin, Bio ATP, Bio Pros TP dll bolo.

3. Inject/suntik dengan B Complek. B kompleks pada sapi adalah kelompok vitamin B yang penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh sapi bolo. Kelompok vitamin B terdiri dari beberapa vitamin yang berbeda, masing-masing dengan peran khusus dalam metabolisme dan kesehatan hewan. Beberapa vitamin B yang penting untuk sapi contohnya:Vitamin B1 (Tiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niasin), Vitamin B5 (Asam Pantotenat), Vitamin B6 (Piridoksin), Vitamin B7 (Biotin), Vitamin B9 (Asam Folat), Vitamin B12 (Kobalamin). Sederhananya vitamin B kompleks sangat penting bagi sapimu bolo, berguna untuk memastikan bahwa sapimu mereka menerima makanan yang kaya akan vitamin B kompleks yang sesuai dengan kebutuhan sapimu bolo. Contoh vit b complek di pasaran seperti: introvit b Complek, b sanplex, megavit b complex, vitalen b complek dll bolo.

Kesimpulannya , ini dia 3 perawatan sapi baru datang bolo:

1. Spet oral dengan obat anti mag sapi.

2. Inject/suntik ATP.

3. Inject/suntik dengan B Complek.

Bagaimana tanggapan mu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo...

Sekian, salam ternak...semangat bolo...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi