Menangani sapi lemas malas dan tidak mau makan

 Menangani sapi lemas malas dan tidak mau makan

Sapi lemas tidak mau makan, perlu perhatian khusus ya bolo. Sumber: Instagram/asocherford

Dalam beternak sapi tidak menarik kemungkinan ada satu atau dua ekor sapimu yang mengalami lemas bawaan tidur Mulu, tidak agresif, tidak banyak tingkah, dan bahkan saat diberi makan terkesan mengabaikan serta tidak punya nafsu makan sama sekali bolo.

Pengalaman saya di kandang jika menemukan sapi semacam ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan juga penanganan nya bolo. Apa saja itu, kita akan bahas secara sederhana ya bolo..

Langkah pertama. Kebersihan kandang. Pastikan kebersihan kandang kamu sudah lakukan bolo. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa biosekurity, hiegenitas dan Sanitasi kandang perlu dilakukan baik ada atau tidaknya penyakit bolo. Sederhananya menjaga kebersihan dari kotoran, saluran limbah dan kebersihan tempat pakan menjadi kewajiban peternak yang harus dilakukan bolo. Misal usahakan kotoran sapi harus dibersihkan sehari 2x bolo pagi dan sore. Jangan sampe mengendap dibiarkan begitu saja bolo. Ini bisa menyebabkan sumber penyakit dan ketidaknyamanan sapimu di kandang bolo.

Langkah kedua lakukan pengecekan sapi bolo. Temukan penyebab sapimu lemas karena apa bolo… misal sapimu lemas karena mengalami sakit baik itu demam, kembung, atau penyakit yang lain. Maka disini sudah ketemu penyebab nya .. namun jika memang sapimu lemas karena kekurangan cairan, maka yang kamu harus lakukan adalah pengobatan bolo.

Langkah ketiga pengobatan. Pengobatan dilakukan setelah mengetahui Sapimu positif sakit bolo. Misal untuk sapi yang lemas, tidak mau makan, mata sayu, bulu berdiri dan pergerakan badan tidak agresif. Kamu bisa inject dengan antibiotik seperti medoxy la. Lalu tambahkan anti parasit seperti wormectin. Dan terakhir tambahan multivitamin bolo. Untuk dosis menyesuaikan tiap sapimu ya bolo, umumnya dosis pemberian obat inject dengan 1 ml untuk berapa kilo gram berat sapimu ya bolo. Misal per 10ml untuk 100 kg berat badan sapi.

Kesimpulannya ini dia 3 langkah menangani sapi lemas, malas dan tidak mau makan bolo.

1. Kebersihan kandang. Usahakan penerapan biosekurity, hiegenitas dan sanitasi terjamin ya bolo.

2. Pengecekan sapi. Diagnosis apa sakit yang diderita sapimu bolo.

3. Pengobatan sapi. Berikan antibiotik, anti parasit dan multivitamin.

Bagaimana pendapatmu tentang hal di depan bolo…share pengalaman mu di kolom komentar ya bolo…

Sekian….salam ternak…. Semangat bolo…..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi