Mengenal Perbedaan antara pakan serat sapi dan pakan berprotein tinggi

 Mengenal Perbedaan antara pakan serat sapi dan pakan berprotein tinggi

Dengan nutrisi yang seimbang sapi dapat tumbuh kembang menjadi sapi gemuk dan berisi. Sumber: Instagram/sanmarcos.lac

Pakan sapi menjadi sebuah tanda tanya bagi sebagian peternak, mungkin kamu salah satunya bolo. Lalu bagaimana dan apa saja perbedaan pakan yang mengandung serat dan protein ini bolo. Kita akan bahasa secara sederhana bolo...

1. Pakan serat

Salah satu contoh pakan serat yaitu rumput kolonjono dan hijauan lain. Sumber: shutterstock/Mas Faqih

Pakan serat adalah sebutan pendek dari nama lengkapnya serat kasar bolo. Pakan serat ini dapat ditemukan di berbagai jenis bahan pokok, seperti hijauan, jerami, limbah biji-bijian dan bisa juga dari bahan jadi yang sudah di olah bolo.

Kendati demikian, pakan serat masih tetap menjadi kebutuhan yang harus kamu sediakan untuk pakan sapimu bolo. Tidak peduli berapa nutrisi yang dikandung pakan yang kamu anggap serat, kamu tetap harus berikan setiap hari bolo.

Untuk mensiasati kebutuhan nutrisi sapimu, kamu bisa tambahkan pakan basah bolo. Yang tentu harga dari kedua bahan pakan ini yaitu pakan berserat dan limbah, tentu murah sekali dan proses penyediaan nya yang mudah di dapat bolo.

Lalu apa manfaat pakan serat ini bolo, pertama untuk merespon air liur sapimu bolo agar terus keluar dan bisa digunakan untuk memamah biak, setiap makanan yang di konsumsi sapimu bolo.

Kedua pakan serat juga berfungsi menormalkan proses pengolahan makanan dalam rumen sapi bolo. Sehingga dengan pencernaan yang baik sapi bisa mendapatkan kebutuhan hariannya secara cukup bolo.

2. Pakan protein.

Pakan berprotein adalah kandungan dari pakan itu sendiri bolo. Pakan protein sebenarnya dapat di temui di semua pakan ternak baik itu yang alami maupun yang buatan manusia.

Kendati demikian Pakan protein ini merupakan satu kesatuan dengan pakan pertama tadi bolo yaitu serat. Setiap ada serat terkadang disitu pasti akan ada kandungan proteinnya bolo. Sehingga tak jarang terkadang sebagai peternak kamu merasa bingung membedakannya.

Apa saja jenis pakan yang termasuk protein. Pertama, bubuk jagung. Merupakan pakan yang cukup tinggi protein bolo, sehingga terkadang ini bisa menjadi bahan pakan yang cukup mahal. Meski mahal tidak sedikit peternak yang mengkombinasikan dengan bahan pakan lain bolo.

Kedua, bubuk kedelai bolo. Dalam sekilo jagung mengandung 35% protein bolo. Cukup tinggi untuk sekelas bahan pakan sapi bolo.

Ketiga, bungkil kacang tanah. Atau limbah dari minyak kacang tanah bolo. Merupakan pakan yang juga mengandung protein tinggi bolo. Sehingga tidak heran jika sapi sangat suka dengan bungkil kacang tanah ini bolo.

Kesimpulannya ini dia perbedaan antara pakan serat dan pakan protein sapi.

1. Pakan serat. Merupakan bahan pakan yang terdapat pada hijauan, dan limbah biji-bijian bolo.

2. Pakan protein. Merupakan bahan pakan yang terdapat pada beberapa jenis pakan seperti , jagung, kedelai dan bungkil kacang tanah bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang perbedaan pakan ini bolo...tulis di kolom komentar ya....

Sekian...salam ternak..... semangat bolo.....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi