Mengenal resiko mengawinkan sapi betina dara

 Mengenal resiko mengawinkan sapi betina dara

Salah satu resikonya adalah tingkat gagal  bunting cukup tinggi bolo. Sumber: Instagram/Juan Estaben Ortiz Gaviria

Sapi dara merupakan sapi betina dengan umur yang cukup muda bolo. Misal sapi betina umur 1 tahun, sapi betina umur 1,5 tahun. Artinya sapi betina dara adalah sapi di bawah umur 2 tahun bolo.

Mengenal resiko mengawinkan sapi betina dara. Ada beberapa resiko yang harus kamu ketahui. Dengan tujuan agar pada saat memiliki sapi betina dara kamu bisa menangani nya dengan baik.

Dalam ilmu ternak, resiko menjadi satu paket dengan keuntungan. Namun jika resiko lebih besar tidak di imbangin dengan hasil keuntungan yang besar. Secara otomatis akan anjlok harga sapimu bolo.

Lalu bagaimana cara merawat dan memberideng sapi betina di usia muda atau dara bolo.

1. Hindari Pakan berlebihan. Jangan boros bolo, sapimu senang dompetmu bisa-bisa meradang bolo…Berikan pakan secukupnya saja bolo. Karena dengan begitu kamu akan sedikit menghemat ongkos pakan harian sapimu bolo. Khususnya sapi dara betinamu.. misalnya dalam memberi pakan harian seimbangkan antara hijauan dan konsentrat. Ini di lakukan berguna untuk menjaga agar tubuh badan sapi masih tetap segar dan diap jika di IB kan nantinya bolo, kuat dalam segi fisik dan kuat dalam segi mental sapi bolo..

2. Jaga agar Badan sapi ideal bolo. Jangan kegemukan bolo. Umumnya sapi ideal dengar berat badan 300-400 kg ya bolo. Jika menggunakan body condition score maka usahakan stabil di angka bcs 2,75- 3 ya bolo. Artinya sapi tidak terlalu kurus dan sapi tidak terlalu gemuk. Ini berguna untuk meningkatkan kebuntingan pada saat di IB kan nantinya bolo.. dengan begitu sapimu bisa cepat bunting dan dalam setahun sudah bisa produksi 1 pedet

3. Cacingan. Sapi betina tidak sering yang mengalami cacingan bolo. Ini di akibatkan faktor lingkungan, faktor genetik dan faktor pakan. Sehingga yang harus kamu lakukan adalah mencegahnya bolo. Dengan cara memberi obat cacing rutin bolo, untuk sapi sehat pemberian 1x setiap bulan. Untuk sapi yang terjangkit pemberian 1x setiap 2 Minggu, jadi dalam sebulan sebanyak 2x untuk sapi terjangkit bolo. Jangan sampai sapimu positif cacingan sedang kamu sudah mengawinkan bolo.. yang terjadi adalah genetik virus cacingan akan menular ke calon pedetmu bolo ..

Nah bagaimana pendapatmu tentang resiko ternak sapi betina dara ini bolo , tulis di kolom komentar ya…saya akan baca dan agar temen2 peternak lain bisa ikut belajar dan berjuang kita semua bolo….

Sekian, salam ternak …semangat bolo…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi