Mengenal tanaman sorgum untuk pakan sapi

 Mengenal tanaman sorgum untuk pakan sapi

Sorgum bisa digunakan untuk pakan sapi. Sumber: Getty images/Steve daggar photography 

Sorgum adalah tanaman pakan yang penting dalam beternak sapi, terutama saat kondisi iklim yang panas dan kering bolo.

 Sorgum memiliki beberapa varietas yang dapat digunakan untuk pakan sapi, termasuk sorgum manis (sweet sorghum) dan sorgum hijau (forage sorghum). Berikut adalah beberapa informasi penting tentang penggunaan sorgum sebagai pakan sapi bolo.

1. Sifat Sorgum:

   - Sorgum adalah tanaman musim panas yang tumbuh dengan baik di iklim panas dan kering. Sehingga sangat membantu banget buat stok pakan mu di saat iklim panas melanda bolo

   -tanaman Ini tahan terhadap kekeringan dan dapat bertahan dengan jumlah air yang lebih sedikit dibandingkan tanaman pakan lainnya. Meski begitu, kebutuhan air tetap harus ada ya bolo dalam merawat sorgum.

2. Penggunaan Sorgum untuk Sapi:

   - Sorgum dapat digunakan sebagai pakan segar atau silase (tanaman yang difermentasi). Perlakukan pengolahan pakan dari jenis sorgum sama hal nya seperti mengolah tanaman dari hijauan lain bolo, misalnya tebon jagung.

   - Silase sorgum memiliki nilai nutrisi yang tinggi dan dapat digunakan sebagai pakan hijauan yang mengandung protein yang cukup. Sehingga ini bisa jadi alternatif pakan disaat kamu sedang membutuhkan pakan bernutrisi dan bergizi bolo.

   - Daun sorgum yang masih muda kaya akan nutrisi dan dapat menjadi pakan ternak yang baik.

3. Manajemen Sorgum:

   - Waktu panen yang tepat penting. Untuk penggunaan pakan segar, panen saat tanaman berada di fase vegetatif untuk memaksimalkan kualitas nutrisi. Untuk usia panen sorgum di hari ke 110-120 bolo.

   - Jika digunakan untuk silase, sorgum harus dipanen ketika tinggi tanaman mencapai 70-80 cm.

   - Pemberian pakan sorgum harus seimbang dengan pakan lain untuk memastikan kebutuhan nutrisi sapimu terpenuhi bolo.

4. Aspek Keamanan:

   - Beberapa varietas sorgum mengandung senyawa seperti prussic acid atau cyanide, yang bisa beracun bagi sapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Maka, anjuranya gunakan secukupnya saja bolo.

   - Untuk mengurangi risiko ini, pastikan sorgum yang digunakan telah diperiksa dan aman untuk digunakan sebagai pakan ternak.

5. Pertimbangan Lingkungan:

Sorgum yang digunakan sebagai pakan hijauan dapat membantu dalam mengatasi kekeringan karena tahan kekeringan. Hal ini tentu dapat menekan biaya pakan sapimu yang cukup tinggi ya bolo.

Kesimpulannya

Penting untuk berkonsultasi dengan seorang ahli peternakan atau spesialis pakan ternak sebelum memutuskan untuk menggunakan sorgum sebagai pakan untuk sapi ya bolo.

Para pakar pakan tersebut dapat memberikan panduan yang tepat mengenai pemilihan varietas, waktu panen, dan manajemen yang diperlukan untuk memaksimalkan manfaat sorgum dalam pemeliharaan sapimu ya bolo.

Bagaimana tanggapanmu tentang jenis pakan tersebut, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian.....salam ternak....semangat bolo....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi