Mengetahui lama masa bunting sapi

 Mengetahui lama masa bunting sapi

Seberapa lama sapi mengalami masa bunting bolo. Sumber: Instagram/charlessdeguerrero

Masa bunting sapi terkadang Jika belum punya sapi, akan sering lupa untuk mengingat nya. Namun sebenarnya masa bunting sapi dapat kita ingat lagi dengan cara yang sederhana bolo.

Berapa lama masa bunting sapi ?. Kita ungkap menurut para ahli dulu ya bolo.. dalam sebuah jurnal peternakan Frandson memgatakan bahwa umur kebuntingan pada sapi 282 hari atau 9 bulan lebih sedikit; kuda 336 hari atau sekitar 11 bulan; domba 150 hari atau 5 bulan.

Sedangkan menurut (Salisbury dan Van Demark) semua bangsa sapi perah memiliki periode kebuntingan 278-284 hari kecuali pada jenis brown Swiss yang memiliki rataan selama 190 hari.

Dari penjelasan di depan Taulah, kamu dapat menunggu dan mempersiapkan diri jika sapi betina sudah berumur mendekati 2 bulan bolo. Persiapan dalam artian beberapa memantau terus dan memberikan perlakukan khusus kepada sapi betinamj yang bunting tua ini bolo..

Dengan begitu proses kelahiran calon pedet akan jauh terperhatikan bolo… tidak sampai merasa kesakitan berlebihan jika sapi betinamu mengalami masalah saat proses kelahiran bolo…

Kesimpulannya waktu kebuntingan sapi adalah 282 hari atau 9 bulan lebih sedikit bolo.

So bolo, jika sapimu bunting berikan nutrisi khusus… agar tidak sampai terjadi keguguran atau masalah lain yang berakibat fatal pada indukan dan sapi betinamu bolo….

Sekian….salam ternak…. Semangat bolo……


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi