Pentingnya pengecekan sapi di malam hari

 Pentingnya pengecekan sapi di malam hari

Pentingnya mengecek kandang sapi di malam hari. Sumber: Instagram/fotodeboi

Beternak sapi menjadi salah satu hal yang harus memperhatikan beberapa hal, seperti pakan, kesehatan dan perawatan sapi bolo. Dengan perawatan sapi yang tulus maka Berimbas balik pada pertumbuhan sapi yang bagus bolo.

Pengecekan sapi di malam hari menjadi satu paket dalam perawatan bolo. Aktivitas sapi di malam hari sering menunjukkan beberapa hal Yang jarang kamu atau ABK mu saksikan bolo.

Seperti hal nya, naik di punggung sapi lain, sapi kejigung, sapi patah kaki, sapi ambruk, sapi beranak, sapi keinjak-injak, sapi lemas, sapi demam dll bolo. Semua hal ini meski kamu bisa pantau di cctv namun peran seorang peternak dalam mengecek langsung kondisi nyata sapimu sangat diperlukan bolo.

Lalu, apa saja manfaat mengecek sapi di malam hari. Berikut penjelasannya bolo:

1. Sapi lapar ada kamu pasti kelar, Saat sapimu lapar, atau mungkin pakan sapimu kehabisan maka dalam waktu pengecekan sapi malam hari sangat di tunggu oleh sapimu bolo.. sehingga disini sapi akan merasa senang saat kamu beri makan.

2. Sapi sakit segera tertangani. Sapi yang sakit saat malam kondisi gelap, sangat sulit dideteksi bolo. Satu cara yang efektif adalah dengan mengecek langsung di kandang saat malam hari bolo. Ada satu alat canggih yang kita pernah bahas, yaitu AI asisten farmer. Dengan alat ini sapimu semua terdeteksi bolo. Mulai dari kesehatan, pakan, nutrisi, kondisi fisik, dll bolo. Hanya saja alat ini belum masuk di Indonesia bolo… so pakai manual aja, dan segera tangani sapimu jika mengalami kecelakaan serius bolo.

3. Lingkungan kandang aman. Tidak dipungkiri dalam menjalankan usaha peternakan sapi. Faktor kemanan tak jarang menjadi hal yang cukup di prioritaskan bolo. Sehingga peran kamu sebagai peternak dalam mengecek kandang malam cukup berdampak bolo dalam mengontrol keamanan kandang. Misal, kandang sapimu dekat dengan sawah, suatu malam kebetulan ada beberapa ular berbisa masuk dan menggigit 2 ekor sapimu. Hal semacam ini jika tak terkontrol di malam hari akibat nya sapimu bisa wafat bolo. So sangat penting banget bolo mengecek sapi di malam hari.

Kesimpulannya ini dia 3 hal yang kamu harus lakukan saat mengecek kandang sapi di malam hari bolo.

1. Sapi lapar terminimalisir.

2. Sapi sakit segera tertangani.

3. Lingkungan kandang aman.

Bagaimana pengalaman mu, mengecek kandang share di kolom komentar ya bolo…

Sekian…salam ternak….. semangat bolo…..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi