Resep Bahan pakan sapi mudah ditiru

 Bahan pakan sapi mudah ditiru

Membuat pakan sapi dari bahan yang mudah ditiru. Sumber: gettyimages/Edwin Remsberg

Membuat pakan sapi membutuhkan ilmu yang terkadang terbilang cukup susah untuk diterapkan. Kebanyakan peternak memilih jalan aman dengan membeli pakan jadi pabrikan bolo.

Namun taukah bolo, hal semacam ini berakibat negatif kepada biaya harian mu dalam operasional kandang sapi. Sehingga jika hal semacam ini terbiarkan, tentu keuntungan beternak sapi yang akan kamu dapat juga bisa saja berkurang bolo.

Membuat bahan pakan sapi mudah ditiru. Merupakan alternatif pakan yang bisa kamu coba di rumah, dan langsung berikan ke sapi-sapimu bolo. Berikut penjelasanya.

Untuk membuat pakan sapi ini, kamu hanya perlu 4 bahan saja bolo yaitu.

1. Rumput kolonjono atau hijuan. Kamu bisa mencari rumput kolonjono di lahanmu bolo, atau bisa juga diganti dengan hijauan. Saranya cari hijuan yang cukup tua ya bolo, dengan tujuan untuk memperoleh kandungan air yang sedikit. Untuk prosesntase hijuan adalah 30% bolo. Contoh Jika nanti kamu mau buat 100 kg pakan maka jumlah yang diberikan adalah 30 kg mudah sekali bukan, lanjut kita bahas bahan ke 2.

2. Tumpi jagung. Adalah bahan limbah jagung yang bisa kamu dapat dari pabrik pakan jagung atau penggilingan jagung bolo. Di samping bisa buat bahan campuran, namun tumpi jagung ini bisa untuk menekan biaya pakan yang cukup mahal bolo. Adapun prosentase bahan tumpi jagung adalah 30% atau 30 kg jika penggunaan pakan 100 kg bolo.

3. Konsentrat sapi. Merupakan bahan pakan yang nantinya akan memberi kecukupan nutrisi serta protein nya bolo. Dengan memberikan Konsentrat sapi pada campuran bahan pakan mu, hasilnya cukup bagus untuk membentuk body condition score maupun menambah berat badan harian sapimu bolo. Adapun prosentase pemberianya adalah 40% atau 40kg jika pembuatan pakan mu 100 kg bolo.

4. Probiotik + premix. Pemberian probiotik dengan cara di encerkan ya bolo dengan air bersih. Lalu disiramkan ke rumput yg sudah di cacah, lalu tuangkan tumpi jagung, lalu siram lagi dengan probiotik, lalu tuangkan Konsentrat dan taburi premix di atasnya ya bolo. Setelah itu di campur semua bahan, dan simpan dalam bentuk fermentasi bolo. Tunggu selama minimal 21 ya bolo.

Kesimpulannya ini dia 4 bahan pakan yang mudah ditiru bolo:

1. Rumput kolonjono atau hijuan

2. Tumpi jagung

3. Konsentrat sapi

4. Probiotik + premix

Bagaimana tanggapan mu tentang resep pakan ini bolo, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi