Sapi manja

 Sapi manja

Sapi itu mirip manusia terkadang suka manja. Sumber: Threads/cowsvibes

Bagi manusia Manja merupakan sikap terus menuntut keinginan agar dipenuhi, jika tidak kamu pasti akan marah dan bahkan bisa melakukan banyak cara ilegal agar keinginan mu dipenuhi..

Dalam ternak sapi manja sering di berikan dalam bentuk memberikan pakan. Ada tipikal sapi yang suka teriak-teriak. Bukan karena sedang sakit atau mengalami suatu masalah. Hanya karena lapar, pengen kamu berikan makan.

Hal ini dapat terjadi karena sapi sebelumnya kamu tidak latih untuk mendapat jatah makan hanya pada saat waktu nya. Misal kamu beri makan sapimu tiap pagi dan sore. Posisi kandang sapimu kebetulan di samping rumah.

Setiap kamu denger sapi mu berteriak, kamu langsung cek kandang untuk memberi paka. Terus kamu lakukan setiap kali sapi berteriak bolo.

Sikap ini bagi saya sangat tidak baik bolo. Karena jika dibiarkan sapimu akan jadi manja, kalau sudah manja kamu akan kerepotan sendiri saat kebetulan kamu sedang sakit, atau sedang ada hajatan di rumah bolo.

Solusinya bagaimana?. Yaitu dengan memberikan jatah jam makan sesuai keinginan mu bolo. Misal kamu jatah beri pakan sapimu setiap hari 2x bolo yaitu pagi dan sore. Maka Kamu harus berikan semua jatah sapimu di dua waktu tersebut bolo. Berikan pakan sampai sapi kenyang baikdan juga berikan juga minuman yang cukup bolo.

Jika sudah kamu terapkan pola pemberian pakan rutin seperti itu. Maka kemungkinan sapimu akan juga disiplin bolo… hanya berteriak pada saat jam makan tiba.

Cukup simpel ya bolo…. Bagaimana pendapatmu tentang sapi manja ini bolo, tulis di kolom komentar ya bolo…

Sekian…salam ternak…. Semangat bolo….


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi