Sapi suka menjilati sapi lain pertanda apakah bolo

 Sapi suka menjilati sapi lain pertanda apakah bolo

Sapi suka menjilati sapi lain. Sumber: Instagram/edgarsmission

Aktivitas sapi terkadang sepele namun itu merupakan sebuah maksud tertentu. Bisa karena sapi sedang mengalami masalah, baik kesehatan, ancaman maupun aktivitas lain seperti birahi bolo.

Sapi suka menjilati sapi lain pertanda apakah bolo?. Jawabannya jika sapimu betina maka termasuk tanda-tanda sapi birahi bolo. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah artikel oleh dinas peternakan dan keswan daerah lima puluh kota.

 Tanda – tanda birahi pada sapi betina ada 6 yaitu : 1. Ternak gelisah, suka menjilati sapi lain 2. Sering berteriak 3. Suka menaiki dan dinaiki sesamanya 4. Vulva : bengkak, berwarna merah, bila diraba terasa hangat (3 A dalam bahasa Jawa: abang, abuh, anget, atau 3 B dalam bahasa Sunda: Beureum, Bareuh, Baseuh); 5. Dari vulva keluar lendir yang bening dan tidak berwarna; dan 6. Nafsu makan agak berkurang dari biasanya.

Dari hasil penelitian tersebut dapat kita simpulkan jika sapimu betina menjilati sapi lain bukanlah sebuah perilaku yang harus di abaikan bolo, melainkan harus dilakukan pengkawinan atau peng ib an agar sapimu bisa memproduksi pedet bolo.

Namun jika sapimu menjilati dirimu, maka sudah tentu sapimu butuh perhatian bolo…cobalah memberi pakan agar dia merasa senang saat kamu dekati bolo.

Kamu jangan lari jika sapimu jantan menjilati dirimu bolo, dekati dan berikan apa yang dia mau…jika dia harus berikan minum, jika dia lapar berikan cemilan, namun jika dia marah segera menjauh lah… karena dia tidak sedang mau kamu dekati bolo….

So jadilah, peternak yang sayang sama hewan ternakmu bolo…. Share pengalaman mu dijilati sapi di kolom komentar ya bolo….sekian….salam ternak…. Semangat bolo…..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi