Teknologi ternak sapi modern

 Teknologi ternak sapi modern

Teknologi peternakan sapi modern. Sumber: YouTube/Bloomberg Quicktake 

Teknologi merupakan sebuah kemajuan sebuah peradaban bagi umat manusia. Tak terkecuali ternak sapi nyatanya juga punya perhatian khusus dalam bidang teknologi yang terus dikembangkan dan berhasil dilakukan di berbagai peternak di penjuru dunia.

Teknologi ternak sapi modern, merupakan sebuah revolusi dunia ternak sapi menjadi peternak yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi di era saat ini bolo. Banyak profesor, praktisi dan ilmuan dari belahan dunia berusaha meneliti, menemukan dan menghasilkan sistem ternak berbasis teknologi. Meski perkembangan teknologi sapi ini belum sampai menyebar sepenuhnya di jajaran dunia khususnya di Indonesia.

Namun kamu tak boleh memandang sebelah mata hal sederhana semacam ini bolo. Karena sebesar apapun ternakmu jika operasional masih manual, maka dipastikan kamu tidak bisa mengikuti perkembangan zaman bolo. Lalu apa saja teknologi peternakan sapi saat ini bolo. Berikut penjelasannya.

1. Teknologi pemindaian sapi kode QR. Dalam dunia ternak ini belum banyak terdengar di peternakan Indonesia bolo. Meski sebenarnya di Indonesia sebagian sudah di menerapkan di sektor domba bolo. Kendati demikian dengan adanya percontohan salah satu peternakan Indonesia yang menerapkan QR pada dombanya. Sebagai Ternak sapi kamu jangan mau kalah bolo. Lalu apa saja manfaat kegunaan QR kode pada sapi ini bolo. Pertama untuk mendeteksi penyakit pada sapi, kedua untuk mencegah persebaran penyakit. Dan ketiga untuk memudahkan proses pencatatan bolo. Umumnya QR kode ini di pasangkan di telinga sapi bolo, atau biasa disebut ear tag.

2. Teknologi pendeteksian sapi bunting. Nama alat ini adalah “moocall calving sensor” bolo. Sebuah alat berwarna hijau yang di pakaikan di ujung ekor sapi betinamu maupun di leher sapi pedetmu bolo. Dengan alat ini kamu sebagai pemilik ternak sapi hanya perlu mamantau aktivitas sapi betinamu lewat hp atau tab mu saja bolo. Dari aplikasi tersebut kamu bisa cek aktivitas kandungan sapi betinamu, kesehatan nya, kebutuhan pakanya serta prediksi sapimu akan beranak pun bisa di pantau secara real-time bolo. Canggih bener ya ini alat bolo...

3. Ternak sapi berteknologi AI atau kecerdasan buatan bolo. Belum kelar di kejutkan dengan teknologi moocall dan QR code sapi. Kini telah muncul teknologi baru di dunia peternakan sapi bolo..nama alatnya adalah “The Intelligent Dairy Farmer’s Assistant” atau bahasa sederhana nya alat cerdas pembantu keseharian peternak bolo. Alat ini pertama di luncurkan oleh salah satu perusahaan di US bernama Connecterra bolo. Lalu apa kegunaan alat ini.. alat ini merupakan terobosan baru dalam dunia persapian yang cukup ketinggalan zaman dalam hal teknologi bolo. Dengan alat ini kamu bisa melakukan beberapa hal kepada sapimu bolo dengan bantuan sistem komputer cerdas. Seperti dapat memberi tahumu apa yang dilakukan sapi secara real time, lalu dengan alat ini dapat juga membantu memprediksi kapan sapimu sakit, kurang produktif, atau siap kawin. Dan masih banyak lagi bolo... super canggih dah pokoknya bolo...

Kesimpulannya ini dia teknologi canggih yang bisa kamu jadikan referensi untuk peternakan mu jangka panjang bolo.

1. Teknologi pemindaian sapi kode QR.

2. Teknologi pendeteksian sapi bunting.

3. Ternak sapi berteknologi AI atau kecerdasan buatan bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini bolo.... tulis di kolom komentar ya....

Sekian...salam ternak.... semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi