Ilmu pembibitan sapi

 Ilmu pembibitan sapi

Dengan ilmu pembibitan sapi, kamu bisa ngasilin sapi sejumbo ini bolo.  Sumber: Instagram/rio4agro_tv

Beternak sapi menjadi satu kesenangan tersendiri bagi siapapun yang menjalankan nya, Termasuk saya dan kamu ya bolo. Namun beternak sapi akan terasa kurang efektif dalam hal peningkatan keuntungan, jika kamu tak memahami beberapa ilmu dasar-dasar nya bolo. Dalam hal ini adalah pembibitan sapi.

Pembibitan sapi merupakan proses awal untuk melangkah lebih dalam menjalani usaha ternak yang akan kamu lakukan bolo. Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan berikut penjelasanya bolo.

1. Tujuan beternak. Dalam beternak sapi ada beberapa model beternak yang tentu kamu harus tentukan di awal perencanaan. Contoh, kamu hendak beternak sapi model sapi perah.

Maka disini kamu harus perhatikan jenis sapi perah yang bagus bolo.

Seperti sapi perah dara, sapi jenis simental, dengan fisik dan postur yang bagus tentu ini akan memudahkan kamu fokus ke satu bidang ternak yang kamu tekuni bolo.

2. Fisik sapi. Fisik sapi menjadi penentu kepuasan kamu dalam membangun usaha ternak sapimu kedepan bolo. Fisik sapi dapat kamu pelajari dengan sering-sering bertemu lansung dengan sapi.

Contoh jika kamu punya waktu, sempatin buat main ke pasar sapi bolo. Amati perbedaan fisik sapi di sana, mulai dari kepala, kaki, badan, paha, pinggul, ekor sampai bulu sapi. Pengetahuan dasar tentang fisik sapi dapat membantumu menentukan sapi yang sesuai dengan keinginanmu di masa sekarang hingga masa mendatang bolo.

3. Kesehatan sapi. Sapi memiliki kondisi yang terkadang sulit untuk di ketahui bolo, dalam hal ini adalah Kesehatan sapi. Saat proses pemilihan bibit sapi perhatikan kesehatanya bolo.

Mulai dari kepala sapi, amati adakah gejala sakit yang nampak seperti ingusan, sakit mata. Lalu kaki sapi, pastikan kaki sapi tidak bengkok, tidak pincang, tidak luka, kuku sapi sejajar. Lalu sekujur tubuh sapi pastikan sehat juga ya bolo, kulit sapi pastikan tidak gatal ya bolo, bulu tidak kusut.

Lalu ekor sapi, pastikan tidak cacat ya bolo. Dan terakhir pastikan organ dalam sapi baik bolo, misal kalo sapi bermasalah di organ dalam seperti paru-paru atau jantung maka nafas sapi akan tersengal-sengal ya bolo. Jika sapi mencret maka sapi ada masalah di pencernaan nya ya bolo. Hindari jika memang kamu tidak bisa menagani bolo.

Kesimpulanya

Ini dia ilmu dasar untuk memilih bibit sapi bolo:

1. Tujuan ternak. Tentukan mau sapi penggemukan, sapi perah atau pembesaran sapi.

2. Fisik sapi. Pastikan tegap, tidak bungkuk, dan berbadan panjang atau tinggi ya bolo

3. Kesehatan sapi. Pastikan, mata, hidung, badan, kaki, ekor hingga nafas sehat dan normal ya bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang hal di depan, tulis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi