Jadi peternak itu harus bisa jadi bidan untuk sapi sendiri

 Jadi peternak itu harus bisa jadi bidan untuk sapi sendiri

Jadi bidan untuk sapi sendiri.

Pernyataan tersbut Mungkin membuat kamu sebagai peternak menjadi hal yang asing untuk dilakukan. Pasalnya jika menjadi seorang bidan untuk sapi sendiri itu terbilang ribet dan menjijikkan.

Namun peran itulah yang kamu kamu lakukan untuk sapi-sapimu bolo. Dalam catatan jika kamu sempat dan memang hanya sekedar meberikan pertolongan pertama saat sapimu beranak bolo.

Menjadi bidan sapi ada beberapa hal yang kamu harus pahami dan lakukan bolo. Berikut penjelasanya:

1. Sebelum sapi beranak. Pada saat sapi induk bunting tua, kamu harus memperlakukan secara khusus bolo. Pisahkan sapi bunting tua dengan sapi lain. Kalao bisa lepas liarkan di kandang berbatas.

 Hal ini untuk melancarkan sirkulasi darah beberapa minggu sebelum sapimu mulai melahirkan pedet bolo.

2. Saat pedet lahir. Pertama yang kamu harus ketahui adalah proses sapi lahir bolo. Umumnya posisi kaki akan muncul terlebih dulu, disusul kepala pedet. Di moment ini usahakan perhatikan dengan betul kondisi sapimu, jika dirasa sapi tidak kuat.

Butuh bantuan, kamu bisa sigap membantunya ya bolo dengan menarik kaki pedet keluar secara pelan-pelan. Jika memang kamu gak tega, segera panggilkan dokter hewan ya bolo, jangan sampe untuk proses melahirkan pedet ini menjadi gagal karena kamu malu menghubungi dokter hewan.

Setelah pedet lahir, jangan langsung di handuki bolo. Biarkan semua placenta dimakan sama indukanya, ini juga berguna untuk mengenali pedet dan indukan serta dapat memperkuat ikatan antara induk sapi dan pedetmu bolo.

3. Kolostrum. Setelah pedet lahir, usahakan sapi pedetmu mendapat kolostrum atau susu pertama dari indukan sapimua ya bolo. Kolostrum adalah cairan khusus yang diproduksi oleh hewan mamalia, termasuk manusia dan sapi, setelah melahirkan.

 Kolostrum memiliki sejumlah fungsi penting, terutama sebagai makanan pertama untuk pedet yang baru lahir bolo. Adapun fungsi utama kolostrum diantaranya:

 sebagai sumber nutrisi, sebagai antibodi sapi, dapat mendukung faktor pertumbuhan pedet, dan dapat menjadi peran melindungi saluran pencernaan sapi pedetmu bolo.

Kolostrum sangat penting dalam memberikan perlindungan awal dan makanan yang sangat dibutuhkan kepada anak yang baru lahir.

Karena pentingnya fungsi-fungsi ini, disarankan agar anak segera mendapatkan kolostrum setelah lahir untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal serta melindungi mereka dari infeksi.

Kesimpulannya ini dia 3 hal yang kamu harus terapkan sebagai bidan sapi darurat untuk sapimu bolo.

1. perlakuan sapi indukanmu dengan baik sebelum melahirkan pedet bolo.

2. Saat pedet lahir. Perhatikan dan segera lakukan tindakan medis jika terjadi permasalahan saat sapimu melahirkan bolo.

3. Kolostrum. berikan kolostrum segera mungkin sesaat setelah pedetmu lahir ya bolo.

Bagaimana pendapatmu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak....semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi