Mengenal manfaat limbah kulit kopi untuk bahan campuran pakan sapi

 Mengenal manfaat limbah kulit kopi untuk bahan campuran pakan sapi

Limbah kulit kopi sangat bagus untuk bahan campuran comboran sapi bolo.


Kopi adalah minuman yang cukup menarik banyak penggemar di seluruh belahan dunia. Kopi menjadi minuman favorit lantaran manfaat yang diberikan seperti memberi sensasi fresh di badan, menjaga dari kantuk, memberi hormon andrenaline hingga memberi dorongan stamina bolo.

Limbah kulit kopi menjadi sebuah bahan sisa yang tidak berguna saat hanya berkutat pada jenis limbahnya saja bolo. Namun tidak dipungkiri, limbah kulit kopi memiliki sejumlah manfaat kepada ternak sapimu bolo.

Lalu apa saja manfaat limbah kulit kopi untuk bahan pakan sapi, berikut penjelasanya bolo:

1. Kandungan nutrisi. Dalam kulit kopi terdapat beberapa kandungan nutrisi bolo diantaranya protein kasar sebesar 10,4%, serat kasar sebesar 17,2% dan energi metabolis 14,34 MJ/kg. Dengan begitu beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, ini memungkinkan menghasilkan manfaat ke kualitas bahan ransum mu bolo.

Misal kamu dalam memberikan comboran hendak kamu campur dengan konsentrat, maka secara tidak langsung jumlah protein di konsentrat mu sedikit ada tambahan peningkatan bolo. Dan tentu ini akan berpengaruh di hasil penyerapan ransum sapimu ya bolo, hal ini dapat dilihat dari kotoranya bolo. Semakin sedikit sapimu membuang kotoran maka semakin banyak pula pakan yang terserap olehnya bolo.

2. Anti Cacing. Dipercaya kulit kopi dapat menjadi fungsi sebagai anti cacing bolo. Tentu ini suatu pengetahuan yang kamu harus pertimbangkan. Pasalnya hewan ruminansia seperti sapi masih berpotensi terserang cacingan ya bolo. Sehingga alternatif nya dapat memberikan pencegahan berupa memberikan campuran bahan pakan dengan kulit kopi ya bolo.

3. Anti asidosis. Pada sapi asidosis kerap menjadi momok yang musti dihindari ya bolo. Asidosis memiliki pengertian sapi ambruk bolo. Ini disebabkan karena PH rumen sedang tinggi bolo, sehingga akan berdampak pada organ lain yang ujungnya dapat menyebabkan sapi lemas, tak kuat berdiri bolo. Dengan memberi kulit kopi sebagai bahan pakan campuran pakan sapimu maka kamu sudah mencegah resiko terkena asidosis bolo.

Kesimpulannya ini dia manfaat limbah kulit kopi untuk pakan sapi bolo

1. Kandungan nutrisi cukup lengkap

2. Berperan sebagai anti cacing

3. Mencegah terjadinya asidosis pada sapi

Bagaimana pendapa mu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo....

Sekian....salam ternak.....semangat bolo......


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi