Mengungkap mitos sapi bunting 9 bulan dijamin pedetnya jantan

 Mengungkap mitos sapi bunting 9 bulan dijamin pedetnya jantan

Dalam tanah jawa mitos merupakan sebuah fenomena yang tak pernah hilang dari turun temurun. Ini terjadi karena keyakinan terhadap hal-hal yang bersifat takhayul masih erat di masyarakat kita bolo. Namun meski begitu, keyakinan semacam ini memiliki satu keunikan tersendiri di hati masyarakat dalam hal ini adalah peternak sapi ya bolo.

Ada satu mitos tentang sapi betina yang bunting selama 9 bulan, maka dapat di pastikan kelak pedetnya akan berjenis kelamin jantan bolo. Jujur dalam hal ini saya juga mendengar langsung dari penuturan para peternak yang sapinya bunting 9 bulan maka hasil pedetnya adalah sapi jantan bolo. Bagaimana fakta ilmiah tentang hal ini, berikut pembahasanya bolo.

Langsung saja kita bahasa ya bolo, Mitos bahwa sapi yang bunting selama 9 bulan pasti akan melahirkan pedet jantan adalah salah satu mitos yang tidak berdasar secara ilmiah bolo.

artinya Waktu kehamilan pada sapi sekitar 9 bulan, sama seperti pada hewan-hewan ternak lainnya. Namun, jenis kelamin pedet sapi yang lahir ditentukan oleh faktor genetik dan bukan oleh durasi kehamilan.

Jenis kelamin pedet sapi adalah hasil dari kombinasi genetik yang diturunkan oleh kedua indukanya bolo. Tidak ada hubungan antara durasi kehamilan dan jenis kelamin pedet sapi yang akan dilahirkan.

Alasanya dalah karena sperma yang membawa kromosom jenis kelamin (X atau Y) bertemu dengan sel telur yang juga membawa kromosom jenis kelamin, dan inilah yang menentukan jenis kelamin pedet sapimu bolo.

Mitos seperti ini seringkali berakar dalam kepercayaan yang keliru atau cerita rakyat dan tidak memiliki dasar ilmiah. Dalam kenyataannya, jenis kelamin pedet sapi adalah hasil dari faktor genetik dan kebetulan ya bolo.

Bagaimana pendapat mu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo...

Sekian...salam ternak....semangat bolo......


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi