Ternak sapi dan bertani jagung

 Ternak sapi dan bertani jagung

Gambar: Beternak sapi dan bertani jagung.

Beternak sapi memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia bolo. Indonesia hanya mampu mengkonsumsi daging sapi 2,6 kg dari normal konsumsi dunia 6,4kg. Sehingga inilah salah satu alasan usaha sapi potong masih sangat eksis di tahun 2023.

Bertani jagung adalah kegiatan bercocok tanam yang berfokus mengembangkan dan menumbuhkan produk utama berupa jagung bolo. Meski hanya bertani jagung, namun kamu sebagai peternak juga bisa menggandeng profesi ini untuk menambah pemasukan dari sektor pertanian bolo.

Prinsipnya beternak sapi akan menjadi satu simbiosis mutualisme daei bertani jagung bolo. Artinya saat kamu mulai menanam jagung, beternak sapimu sudah berjalan dengan memberi pakan berupa comboran bolo.

Selanjutnya setelah sapimu mulai tumbuh besar, kamu membutuhkan pakan tambahan lain maka kamu bisa gunakan limbah dari bertani jagungmu bolo, yaitu berupa tebon jagungnya bolo.

Lalu jagungnya dikemanain?. Jawabannya dijual bolo. Kepada lintas peternak yang sangat membutuhkan protein tinggi dari bahan jagung ini, yaitu ayam atau unggas ya bolo. Meski harga jagung floatil atau naik turun, justru disitulah keuntungan besar yang akan kamu dapat bolo. Paling tidak kamu bisa dapat laba bersih dari biaya tanam jagung bolo.

Syukur kalau kamu sudah ada unggas sebagai sektor lain dari usaha sapimu bolo. Tentu akan sangat memudahkan kamu dalam menyediakan stok pakan aman dan terjaga formulasinya bolo.

Perlu di ingat, beternak sapi cukup tinggi akan resiko kerugian. Pun dengan bertani jagung bolo. Meski sama-sama tinggi resiko, paling tidak income penghasilan mu bisa meningkat pesat ya bolo.

Bagaimana tanggapan mu tentang hal di depan, tulis di kolom komentar ya bolo...

Sekian...salam ternak.....semangat bolo.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teory memilih sapi bagus dari kakinya

Konsep comboran sapi 75% dan hijauan 25% untuk penggemukan wort it kah

Mengenal penyakit kencing darah pada sapi